Channels Marketing Digital

Posted in Bisnis , written by wahya on 20 December 2015

Anda mungkin sudah memahami betapa pentingnya usaha Anda saat ini untuk mudah ditemukan di internet agar pasar yang Anda targetkan mudah mengetahui informasi tentang perusahaan atau produk Anda. Namun tidak sedikit juga yang belum paham, bagaimana caranya agar perusahaan atau produk Anda tersebut mudah ditemukan.

Beberapa klien yang datang ke kantor kami untuk membuat website biasanya sudah mengerti fungsi dan kegunaan website tersebut. Namun mereka belum memahami bagaimana caranya agar website yang mereka miliki tersebut benar – benar berfungsi sebagai tempat untuk melakukan transaksi atau komunikasi dengan calon pelanggan mereka.

Sebagian besar dari mereka menganggap bahwa website tersebut hanya sekedar alat pengganti brosur yang statis dengan komunikasi satu arah. Padahal, jika di explore lebih dalam lagi, dengan menggunakan teknik – teknik digital marketing, kita bisa berkomunikasi dua arah dengan calon pelanggan kita. Bahkan website bisa kita fungsikan sebagai alat untuk meminta masukan kepada pelanggan kita mengenai produk atau jasa kita.

Teman saya yang kebetulan seorang desainer bercerita kepada saya tentang calon pelanggannya ketika ia melakukan pendekatan dalam pembuatan jasa website. Ceritanya, calon pelanggannya dulu sudah pernah punya website tapi tidak menghasilkan apa – apa. Sehingga ia tidak memperpanjang lagi kontrak kerjasama dengan developer sebelumnya. “Terlihat ada sedikit trauma diraut wajah sang calon pelanggan, karena investasi yang dia lakukan dirasakan sia – sia.” Kata teman saya.

Lalu saya balik bertanya, “Setelah punya website, aktivitas apa saja yang dilakukan calon pelangganmu untuk mempromosikan websitenya di internet?” Jawabnya, “Ngga ada, selain memasukan alamat websitenya di kartu nama dan brosur.”

Saya bilang ini adalah cara pandang yang masih konvensional. Masih menganggap bahwa website hanya sekedar alat untuk menggantikan brosur itu adalah salah. Yang bisa Anda lakukan lebih dari itu. Ibaratnya Anda membangun sebuah toko secara fisik, jika Anda tidak memperkenalkan alamat toko Anda kepada orang lain, tidak ada satupun orang yang akan mengetahui apa yang Anda jual. Untuk mendapatkan pelanggan di dunia digital, Anda juga harus melakukannya dengan menggunakan media digital.

Lalu apa saja kira – kira yang bisa Anda lakukan agar website  Anda bisa berfungsi dengan baik? Berikut ini adalah beberapa channels marketing yang bisa Anda lakukan di dunia digital:

Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah sebuah aktivitas marketing yang Anda lakukan untuk mengoptimasi website Anda agar muncul dalam hasil pencarian secara natural untuk kata kunci tertentu yang Anda targetkan pada mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo Baidu dan lain sebagainya.

Semenjak kami berdiri tahun 2007, channel utama yang kami bangun adalah mesin pencari. Memang dibutuhkan waktu yang cukup lama agar kami bisa mencapai posisi yang kami ingin untuk kata kunci yang kami tentukan. Tetapi ini adalah salah satu cara yang harus kami tempuh mengingat keterbatasan dana yang kami miliki.

Kami benar – benar menginvestasikan waktu kami untuk melakukan optimasi pada mesin pencari seperti Google dan Yahoo kala itu, karena market share dari kedua mesin pencari ini yang paling besar. Namun saat ini, menurut hasil riset yang dilakukan oleh statista.com, pada bulan Oktober 2015, Google memegang 89,16% market share yang kemudian diikuti oleh Bing dengan 4,07% dan Yahoo 3,22%. Melihat data tersebut, fokus untuk melakukan optimasi di Google sudah cukup untuk membuat website Anda bisa dilihat oleh target market Anda.

Search Engine Marketing (SEM)

Jika SEO membutuhkan investasi waktu agar hasil yang Anda harapkan sesuai, dengan menggunakan teknik Search Engine Marketing Anda dapat mempercepat proses tersebut. SEM adalah aktivitas marketing yang bisa Anda lakukan secara digital dimana Anda dapat membayar dengan jumlah tertentu untuk kata kunci yang Anda targetkan agar dapat muncul dalam hasil pencarian. Dengan kata lain, SEM adalah istilah lain untuk program beriklan pada mesin pencari.

Jika Anda ingin  mendapatkan traffic dengan cepat datang ke website Anda, ini adalah salah satu cara yang bisa Anda tempuh. Dengan menggunakan cara ini, Anda bisa melakukan banyak hal terutama dalam melakukan segmentasi market. Anda bisa menentukan, di negara atau kota mana iklan Anda akan tampilkan, Anda juga bisa menentukan perangkat yang digunakan, umur, jenis kelamin dan faktor – faktor lain. Sehingga target market yang Anda tentukan bisa sangat spesifik. Penentuan target market ini adalah hal yang sangat penting yang harus Anda lakukan jika Anda ingin melakukan optimasi budget Anda dalam beriklan.

Program iklan yang dimiliki oleh Google bernama AdWords. Selain memilih kata kunci agar iklan Anda dapat muncul dalam mesin pencarian, AdWord juga memiliki fasilitas yang disebut Google Display Network (GDN). Dimana Anda bisa menampilkan iklan – iklan dalam bentuk gambar, video atau animasi pada website yang berafiliasi dengan Google. Anda pun dapat memilih website mana saja yang akan memunculkan iklan Anda agar sesuai dengan target market yang Anda inginkan.

Fitur menarik lainnya adalah Remarketing. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda dapat memperkecil potential lost untuk setiap budget marketing yang Anda keluarkan. Jika Anda mengaktifkan fitur remarketing pada iklan AdWords Anda, setiap pengunjung website dapat Anda ingatkan kembali mengenai produk atau jasa Anda melalui iklan yang Anda buat. Inilah bedanya dengan media conventional seperti brosur. Anda tidak pernah tahu siapa yang mengambil brosur tersebut, dan Anda tidak bisa melakukan marketing ulang pada setiap orang yang telah mengambil brosur Anda tersebut.

Email Marketing

Saat ini, banyak perusahaan yang sudah mulai beralih untuk menggunakan email sebagai salah satu strategi marketing mereka untuk melakukan direct sales. Tetapi tidak sedikit juga yang melakukannya dengan cara yang salah sehingga email yang dikirimkan ke calon pelanggan terlihat seperti email spamming.

Ada teknik – teknik tertentu yang harus Anda lakukan untuk mengumpulkan database email dan bagaimana cara menuliskan email kepada prospek Anda agar email yang Anda kirimkan tidak menjadi spam. Anda harus melakukannya secara natural. Layaknya jika Anda menuliskan email kepada teman Anda, Anda harus membuat tetap singkat dan jelas.

Social Media

Indonesia masuk dalam salah satu negara dengan jumlah pengguna media sosial  terbesar di dunia. Hal ini yang kemudian menarik banyak minat para investor teknologi untuk masuk ke pasar Indonesia. Anda sebagai pengusaha tentu harus melihat hal ini dengan lebih baik. Di Indonesia, media sosial seperti Facebook adalah salah satu alternative yang banyak dipilih oleh UMKM.

Apakah Anda pernah mendengar kisah Brodo, sebuah brand sepatu milik anak bangsa yang berawal dari Facebook sampai akhirnya saat ini sudah memiliki omset miliaran rupiah? Digital marketing yang dilakukan Brodo melalui social media sangat serius. Mereka menentukan objective yang berbeda dari masing – masing social media, sehingga apa yang diposting di Facebook tidak akan sama dengan apa yang diposting di Twitter.

Masing – masing social media memiliki objective yang berbeda – beda. Ini dikarenakan user behavior pada  setiap social media tersebut berbeda – beda. Selain itu Anda juga perlu mengetahui kapan peak hours untuk masing – masing social media tersebut agar post Anda bisa dilihat secara maksimal.

Selain empat channels yang telah saya bahas diatas, masih banyak lagi channels digital yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan Anda. Bagi Anda yang belum memiliki website, Anda bisa memanfaatkan Toko Pedia, OLX, BukaLapak, AliBaba, BBM, Line dan masih banyak lagi situs atau aplikasi lain. Istilah saya adalah Digital Mall. Anda bisa berjualan disebuah website dimana Anda tidak perlu pusing untuk mendatangkan pengunjung ke website tersebut.

Namun ingat, bisnis di dunia digital  adalah bisnis yang erat hubungannya dengan kepercayaan. Anda harus bisa meyakinkan calon pelanggan Anda sebaik mungkin. Salah satu caranya adalah menyiapkan sebaik mungkin penyajian perusahaan Anda secara visual. Memiliki website dengan tampilan visual sesuai dengan brand Anda sendiri dan menggunakan nama domain (alamat website) sendiri secara otomatis akan meningkatkan kepercayaan orang terhadap brand perusahaan Anda.

Share on Facebook or , read previous article or go to the next one.

Interested to get our latest update? Please sign up to our newsletter.
Name
Email