Memilih Channel Internet Marketing

Posted in Digital Marketing , written by wahya on 05 March 2016

Pada tulisan yang sebelumnya, saya sudah memaparkan tentang beberapa channels digital yang bisa Anda manfaatkan untuk menunjang bisnis Anda di internet. Untuk mengingat kembali, berikut saya rangkum dan tambahkan informasi secara singkat:

Internet Marketing Channels

Dari beberapa channels tersebut, Anda harus memilih channels yang tepat agar sesuai dengan goal yang telah Anda tetapkan. Berikut ini adalah beberapa variable yang bisa Anda gunakan dalam menentukan channels mana yang tepat untuk bisnis Anda:

Variable Dalam Menentukan Channels Digital Marketing

Company Goals

Menentukan objective / goal adalah hal penting yang harus Anda lakukan pertama kali agar apa yang Anda kerjakan kedepan dapat benar – benar terukur. Jika Anda tidak memiliki objective / goal yang jelas, itu artinya Anda akan bekerja dalam sebuah kegelalan tanpa arah yang jelas. Berikut adalah beberapa goal yang bisa Anda tentukan:

Sales / Leads: Perusahaan Anda tentu memiliki goal baik dalam jangka waktu yang panjang maupun jangka waktu pendek. Dalam jangka waktu yang pendek, men-generate traffic adalah hal yang sangat penting untuk Anda lakukan. Jika produk / jasa yang Anda miliki sudah memiliki permintaan pasar yang jelas, Anda tinggal mengkonversi traffic tersebut menjadi leads/sales. PPC Advertising adalah channels yang paling tepat untuk Anda pilih jika goal Anda jangka pendek, karena iklan Anda akan muncul untuk orang yang mencari sesuatu yang ia inginkan, dan sebagian besar akan membeli.

Selain itu, SEO juga baik untuk Anda pertimbangkan agar keywords yang telah Anda targetkan muncul pada hasil pencarian organic. Mengirimkan email dengan format email yang lebih personal juga merupakan salah satu channels yang baik yang bisa Anda pilih untuk leads / sales. Cuma memerlukan sedikit waktu bagi Anda untuk mengumpulkan database dengan segmentasi yang tepat.

Brand Awareness: Jika produk / jasa Anda belum begitu dikenal oleh audience dan Anda masih perlu memberikan edukasi, engagement dan informasi lain agar pelanggan Anda merasa nyaman dan akhirnya memutuskan untuk membeli. Proses ini memerlukan effort yang lebih besar dalam memanagement konten dengan jangka waktu yang relative lebih lama.

Apalagi misalnya Anda ingin membangun brand loyalty, seperti yang telah dilakukan oleh Rinso, Honda, Aqua dan brand – brand lain agar brand mereka menjadi brand pertama yang diingat ketika ingin membeli produk sejenis.

Dalam hal ini, viral content marketing, display network advertising dan social media advertising merupakan channels yang sebaiknya Anda pilih. Pertimbangkan juga untuk menggunakan Customer Relationship Manager (CRM) untuk memudahkan Anda mengetahui behavior user Anda, mencatat kapan terakhir kali pelanggan Anda membeli dan menelusuri apakah ada kemungkinan untuk membeli kembali. Selain itu, menganalisa dan menargetkan ulang target audience Anda, serta tetap mengingatkan audience sebelumnya terhadap brand Anda penting Anda lakukan dengan menggunakan strategi remarketing.

Education: Jika Anda memiliki produk / jasa yang relative baru dan target audience Anda belum mengerti permasalahan apa yang bisa dipecahkan dari produk / jasa yang Anda miliki tersebut, maka penting bagi Anda untuk melakukan edukasi pasar.

Traffic: Jika bisnis yang Anda miliki penghasilan utamanya dari iklan, yang paling penting Anda lakukan adalah meningkatkan jumlah pengunjung dan page views.  Semakin besar traffic yang datang ke website Anda semakin besar kemungkinan pengiklan yang akan Anda dapatkan.

Company Budget

Berapakah budget yang Anda setup untuk digital marketing? Faktor ini biasanya tergantung pada jawaban atas beberapa pertanyaan yang lain, namun pada umumnya jika Anda memiliki budget yang kecil, channel digital mungkin tidak bisa Anda gunakan secara maksimal, karena ini akan menyangkut biaya pembuatan website, CRM software untuk mengotomasi pemasaran Anda dan lain sebagainya.

SEO mungkin salah satu channels yang bisa Anda pilih jika Anda memiliki budget yang relative kecil. Anda bisa menghubungi konsultan SEO yang mau memberikan Anda budget bulanan dengan memberikan saran – saran untuk mengotpimasi website yang Anda miliki. Dengan waktu yang relative panjang dalam pencapaian hasil, ini adalah pilihan terbaik bagi Anda dalam jangka waktu panjang.

Company Talent

Seluruh aktivitas digital marketing memerlukan kerjasama yang baik dari setiap department. Untuk itu melihat bakat pada masing – masing personal untuk diberikan tugas dan tanggung jawab dan penentuan channels digital marketing yang mana yang cocok untuk dikerjakan oleh personal tersebut menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Jika Anda memiliki team developer yang solid, Anda bisa memanfaatkan channels seperti SEO, Viral Content Marketing ( dimana masing – masing personal bisa membagikan tips tentang tools – tools bermanfaat yang bisa digunakan) dan CRO (membagikan pengalaman – pengalaman dalam melakukan design testing dan pencapaian – pencapain lain dalam mengerate leads)

Bagaimana jika Anda memiliki team creative yang kuat? Anda bisa memanfaatkan channels seperti viral content marketing, email marketing dan display network. Karena keterlibatan mereka dalam membuat desain grafis dan copywriting akan sangat banyak jika Anda memanfaatkan channels tersebut. Desain yang bagus dilengkapi dengan copywriting yang kuat akan menciptkan iklan yang menarik.

Begitu pula jika team yang Anda miliki kuat dalam melakukan analisa data kompetisi, user behavior dan update dengan algoritma mesin pencari, SEO dan Pay-Per-Click adalah channels yang bisa Anda pilih.

Lalu bagaimana jika team Anda memiliki jaringan luas di media sosial seperti Facebook, aktif di Twitter, suka memberikan tips – tips bisnis atau traveling di LinkedIn? Jadikanlah mereka sebagai basis kekuatan Anda untuk membangun brand Anda di media sosial. Dengan begitu, channels yang sebaiknya Anda pilih adalah Social Media Marketing, Viral Contend an Online PR.

Formula Memilih Channels Yang Tepat

Rand Fishkin salah satu Co-Founder Moz pada tahun 2009 membuat sebuah table yang dapat membantu Anda dalam menentukan keputusan channels mana yang tepat untuk Anda pilih dan prioritaskan disesuaikan dengan goal dan budget yang Anda miliki.

Table tersebut kemudian saya modifikasi sesuai dengan market dan internet user behavior di Indonesia serta berkembangnya fitur – fitur yang telah dimiliki beberapa platform. Berikut adalah table prioritas dari saya berdasarkan pengalaman saya pribadi:

rand fishkin graph

Tentu karena apa yang saya prioritaskan dalam tabel tersebut merupakan opini pribadi, Anda bisa menambahkan pada komentar dibawah, jika Anda memiliki pendapat berbeda mengenai korelasi goal dan budget yang saya jelaskan tersebut.

Share on Facebook or , read previous article or go to the next one.

Interested to get our latest update? Please sign up to our newsletter.
Name
Email