7 langkah untuk membeli hosting dan domain

Posted in Mongkipanel , written by wahya on 22 August 2011

Berikut ini adalah tutorial untuk melakukan pembelian hosting atau domain di sistem Mongkipanel yang telah kami update beberapa waktu lalu. Mudah – mudahan langkah pembelian hosting maupun domain kali ini bisa mempercepat Anda dalam menentukan pilihan, sehingga Anda bisa memiliki lebih banyak waktu untuk aktifitas yang lain.

Berikut ini adalah 7 langkah sederhana untuk melakukan order di Mongkiki.com dengan menggunakan Mongkipanel:

  1. Cari nama domain yang tersedia
    Begitu Anda membuka website kami mongkiki.com, maka Anda langsunsung bisa melakukan pemilihan nama domain seperti yang ada pada gambar berikut:
    Order Hosting Domain Step 1
    Masukan nama domain yang ingin Anda cari pada kotak nama domain. Anda bisa langsung menuliskan nama domain lengkap dengan ekstensi domain yang Anda inginkan (1). Namun jika Anda tidak  ingin menuliskan nama domain yang lengkap dengan ekstensi domain satu persatu, silahkan pilih ekstensi yang Anda ingkinkan pada kolom pilihan Ekstensi Domain di sebelah kanan isian nama domain(2). Jika Anda sudah yakin tekan tombol Cari Nama Domain untuk melakukan pencarian (3)
  2. Tentukan nama domain yang tersedia yang akan Anda pilih
    Setelah sistem melakukan pencarian terhadap domain – domain yang Anda masukan tadi, maka sistem akan memunculkan domain mana saja yang tersedia untuk Anda pilih. Lihat gambar berikut untuk lebih jelas:
    Order Hosting Domain Step 1

    Pada gambar diatas, Anda diberitahu domain mana yang tersedia dan mana yang tidak tersedia. Jika domain yang Anda cari tidak tersedia, maka pada kolom Pilih akan muncul tanda x (kali). Jika domain yang Anda cari tersebut tersedia, maka pada kolom Pilih akan muncul checkbox. Silahkan tentukan domain mana saja yang akan Anda beli dengan cara mencentak domain – domain yang tersedia tersebut. Jika Anda tidak ingin membeli salah satu domain yang tersedia, silahkan uncheck pada bari domain tersebut.Langkah berikutnya adalah menentukan tipe order yang ingin Anda lakukan. Pada proses ini, ada dua tipe order yaitu order hosting+domain jika Anda ingin membeli domain sekaligus hosting secara bersamaan, atau domain saja, jika Anda berencana untuk membeli hosting di kemudian hari, atau Anda sudah memiliki hosting di tempat lain.Jika Anda sudah yakin dengan pilihan domain Anda, tekan tombol Lanjutkan Ke Pendaftaran Domain

  3. Tentukan lama kontrak dan paket
    Setelah Anda yakin dengan nama domain yang Anda pilih, langkah berikutnya adalah menentukan lama kontrak. Jika Anda memilih tipe order Hosting dan Domain sekaligus, maka selain lama kontrak, Anda juga diharuskan untuk memilih tipe paket hosting. Namun jika Anda hanya memilih tipe order domain saja, maka Anda hanya wajib memilih lama kontrak saja. Lihat gambar berikut:

    Ketika Anda memilih lama kontrak dan Paket hosting sesuai dengan keinginan Anda, maka secara otomatis sistem kami akan menampilkan besarnya biaya sesuai dengan kombinasi yang Anda tentukan. Jika ada diskon untuk pembelian paket hosting dan domain secara bersamaan, perhitungan harganya pun akan terlihat disana. Jika Anda sudah yakin dengan paket yang Anda pilih, silahkan tekan tombol Order Sekarang untuk melanjutkan.

  4. Review keranjang belanjaan
    Pada tahap berikutnya Anda akan melihat daftar belanjaan Anda di Mongkiki.com sperti gambar berikut ini:
    Order Hosting Domain Step 4

    Pada tahap ini Anda bisa melihat daftar belanjaan Anda sekaligus Total dari pembelian yang Anda lakukan. Jika Anda ingin berbelanja lagi, silahkan tekan tautan Belanja Lagi pada pojok kiri bawah. Namun jika Anda sudah yakin dengan daftar belanjaan Anda, silahkan tekan tombol Check Out.

  5. Log in atau Daftar Baru
    Jika Anda sebelumnya sudah pernah membuat akun di Mongkiki.com, maka selanjutnya Anda tinggal Log in di kotak Log In seperti gambar di atas. Namun, jika Anda adalah pelanggan Mongkiki.com yang baru, Anda wajib mengisi data pribadi Anda pada Form Pendaftaran
    Order Hosting Domain Step 5
  6. Invoice Order dan informasi Billing
    Jika Anda sudah berhasil melakukan registrasi atau login ke sistem, maka berikutnya Anda akan ditampilkan dengan Invoice Order Anda. Pada Invoice Order ini ada beberapa hal yang harus Anda catat, misalnya tenggang waktu pembayaran, upload file jika Anda membeli domain dengan ekstensi Indonesia dan beberapa catatan yang kami letakan di atas pada halaman ini. Berikut tampilan dari halman invoice tersebut.
    Order Hosting Domain Step 6

    Jika Anda sudah memperhatikan hal – hal tersebut, Anda bisa langsung melakukan pembayaran ke akun bank yang telah kami sediakan tersebut dengan cara mengklik tombol BCA atau Mandiri seperti gambar di atas. Dengan mengklik tombol tersebut, Anda berarti membuka halaman website BCA / Mandiri yang sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih. Silahkan lakukan pembayaran dengan menggunakan metode Internet Banking tersebut.Jika pembayaran sudah Anda lakukan, maka langkah berikutnya adalah melakukan konfirmasi pembayaran terhadap Invoice Anda tersebut dengan cara mengklik tombol “Lakukan Konfirmasi Pembayaran”.Anda akan diarahkan ke halaman Billing, dimana pada halaman ini Anda diperlihatkan invoice mana saja yang perlu untuk dilakukan konfirmasi pembayaran. Lihat gambar berikut:
    Order Hosting Domain Step 7

    Tekan tombol “Bayar” pada setiap Invoice yang ingin Anda bayarkan, kemudian lanjut ke langkah terakhir.

  7. Konfirmasi Pembayaran
    Isilah semua data yang diperlukan untuk melakukan konfirmasi pembayaran pada form yang ditampilkan seperti gambar berikut ini:
    Order Hosting Domain Step 8

    Tekan tombol Kirim Konfirmasi Pembayaran, jika Anda sudah mengisi data tersebut dengan lengkap. Sistem akan otomatis memberitahukan kepada bagian Billing kami bahwa Anda telah melakukan pembayaran. Bagian Billing akan melakukan verifikasi terhadap data pembayaran Anda, dan jika data pembayaran Anda sudah valid, maka team support kami akan langsung mengaktifkan akun yang Anda order tersebut.

 

Share on Facebook or , read previous article or go to the next one.