Apa itu PHP, Perl, Phyton dan Ruby on Rails?

Posted in Scripting & Development , written by wahya on 05 August 2012

Semua itu adalah bahasa pemrograman komputer, atau biasa diistilahkan dengan programming script.  PHP adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dan tersedia di berbagai server web hosting, kemudian diikuti oleh Perl (biasanya ditandai dengan frase CGI atau cgi-bin)

Bahasa pemrograman apa pun yang Anda gunakan untuk membuat website Anda, tidak menjadi masalah. Asalkan web hosting yang Anda gunakan mendukung pilihan Anda tersebut. Selain PHP dan Perl, berbagai webhosting di Indonesia maupun luar negeri juga telah mulai memberikan support untuk Phyton dan Ruby on Rails. Dan server kami pun sudah siap dengan applikasi tersebut.

Jika dilihat dari sisi keamanan, script PHP yang dibuat dengan tidak baik, bisa menjadi sebuah mimpi buruk bagi server admin atau pun web developer. Ada berbagai celah keamanan di PHP yang bisa di exploit oleh hacker, namun hal tersebut terjadi hanya jika script website dibuat dengan metode yang kurang baik.

Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan jika Anda ingin membuat eksperimen dengan software website.

Hal yang pertama yang harus Anda perhatikan adalah, pastikan bahwa Anda sudah banyak mencari informasi dan membaca tentang software pilihan Anda tersebut dan telah mendapatkan beberapa rekomendasi yang baik dari teman-teman Anda.

Setiap kali Anda mengunggah atau install software Anda ke server hosting, itu berarti Anda telah memberikan semua hak akses ke server, space, keamanan dan lain sebagainya kepada software yang Anda install tersebut. Maka dari itu, pilihlah software yang benar – benar aman.

Kedua, pastikan bahwa software yang Anda install di web server selalu terupdate dan memiliki versi yang terbaru. Semakin lama Anda tidak pernah melakukan update terhadap software Anda, semakin lama kesempatan para hacker untuk melakukan analisa website Anda pada server hosting Anda, sehingga akan semakin mudah juga website Anda terkena exploit.

Ketiga, walaupun Anda sudah melakaukan update sering kali dan software yang Anda pilih Anda percaya memiliki tingkat keamanan yang baik, kemungkinan bahwa software tersebut masih ada celah keamanan selalu ada. Jika software yang Anda install terlalu banyak menggunakan resource server, provider hosting Anda mungkin saja mensuspend akun Anda, atau setidaknya memberitahu Anda untuk melakukan analisa terhadap software tersebut.

Yang terakhir, seandainya hal buruk terjadi, Anda harus tetap melakukan backup terhadap seluruh file pada akun Anda secara reguler.

Share on Facebook or , read previous article or go to the next one.