Bagaimana cara membuat file custom php.ini di server Mongkiki

Posted in Scripting & Development , written by agus on 29 August 2011

Jika Anda menggunakan php maka kemungkinan besar Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan custom php.ini di beberapa lokasi.

Anda dapat memeriksa setting dari php Anda saat ini dengan menggunakan fungsi phpinfo(). Buatlah sebuat file php(.php) yang isinya satu baris script berikut:
<?php phpinfo() ?>

Jalankan file ini. Dan Anda akan mendapatkan informasi mengenai pengaturan default pada server Anda, dan akan memberitahu Anda lokasi dari default php.ini.

Dengan php.ini Anda dapat membuat perubahan untuk memungkinkan meng-upload file yang lebih besar melalui script php, untuk mengatur direktori sesion untuk security yang lebih baik, untuk mengatur direktori sementara untuk upload file, atau mengubah beberap pengaturan lain.

Jika Anda ingin menggunakan custom file php.ini, ada dua hal yang harus diperhatikan:

  1. Penempatan dari custom file php.ini adalah sangat penting. Jika Anda ingin file php.ini berlaku hanya untuk satu direktori saja (misalkan “testing”), kemudian tempatkan pada direktory tersebut. Jika Anda ingin custom file php.ini berlaku untuk seluruh website, tambahkan satu baris script berikut di file .htaccess di direktori publict_html Anda:
    SuPHP_ConfigPath /home/username/directory/
  2. Jika Anda ingin membuat perubahan file php.ini ke versi Mongkiki yang merupakan versi yang sudah di-custom juga(file php.ini Mongkiki yang default). Jangan membuat file php.ini dengan hanya nilai yang ingin Anda rubah saja atau Anda akan kehilangan semua modifikasi standar Mongkiki.

Anda dapat mengunakan script berikut untuk membaca file php.ini Mongkiki, buat perubahan Anda, dan upload ke direktori utama Anda:
Script untuk membuat custom file php.ini
Catatan: Anda dapat menemukan lokasi dari file php.ini default pada server Anda dengan mengunakan fungsi phpinfo() sesuai yang telah dibahas diatas.

Mongkiki tidak sering melakukan perubahan terhadap file php.ini default, namun Anda ingin tahu versi terbarunya. Anda bisa membuat cron job untuk menjalankan script tersebut setiap hari, maka Anda akan selalu mengetahui revisi terbarunya.

Update 10 0ktober 2011 by Wahya

Anda juga bisa melakukan langkah – langkah berikut jika Anda ingin menggunakan default file php.ini dari server Mongkiki.com secara default sebelum Anda nanti ingin menggantinya.

  1. Login ke akun Anda di Mongkiki.com dengan menggunakan SSH
  2. Selanjutnya kita akan meng copy file php.ini yang default ke folder home dengan menggunakan command berikut:

    cp /usr/local/lib/php.ini ~/php.ini

  3. Kemudian selanjutnya kita memberitahukan kepada sistem letak dari file php.ini kita yang baru kita copy tersebut dengan command berikut:

    echo "SuPHP_ConfigPath $HOME" >> ~/public_html/.htaccess

    Anda tidak perlu melakukan perubahan apa – apa pada command tersebut, jalankan saja.
  4. Selanjutnya silahkan edit file php.ini tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Setiap perubahan yang Anda lakukan akan secara langsung berdampak pada server tanpa memerlukan restart server.

Share on Facebook or , read previous article or go to the next one.