Cara Mengganti Name Server pada Domain

Posted in How To , written by agus on 16 August 2012

Untuk menghubungkan domain dengan web hosting, anda perlu mengganti name server pada domain Anda. Hal ini hanya perlu dilakukan jika Anda hanya membeli domain saja di Mongkiki, sedangkan web hostingnya menggunakan hosting dari perusahaan lainnya.  Berikut langkah-langkah cara mengganti name server pada domain di manage domain Mongkiki:

  1. Hubungi perusahaan web hosting tempat Anda membeli hosting untuk mengetahui name server yang digunakan. Jika Anda telah membeli web hosting di Mongkiki, name server yang digunakan adalah ns1.mongkiki.com dan ns2.mongkiki.com. Tetapi jika Anda membeli domain dan hostingnya di Mongkiki, Anda tidak perlu mengganti name server pada domain, karena Mongkiki sudah men-setup name server secara default.
  2. Login ke manage domain Anda
  3. Setelah berhasil login, cari domain dan lanjutkan ke tampilan informasi order.  Anda bisa menggunakan fasilitas Jump to Domain,  masukkan nama domain Anda, pilih product-nya Domain Registration Service seperti pada gambar berikut:

    Jika domain Anda di-locked atau di-suspended oleh Mongkiki, maka tampilan informasi ordernya sbb:
  4. Silahkan menghubungi tim support kami di http://mongkiki.com/menu/hubungi-kami/ untuk menyelesaikan permasalahan ini. Jangan lupa cantumkan nama domain anda pada kolom domain.
  5. Jika status domain Anda tidak locked/suspended, maka silahkan klik menu Name Servers
  6. Masukkan Name Server pada kolom yang tersedia, kemudian klik tombol Update Name Servers

Setelah selesai mengganti name server, website Anda akan ditampilkan dibrowser setelah sekitar 24 sampai 48 jam kemudian.  Hal ini merupakan waktu standar yang dibutuhkan untuk Propagation DNS. Proses ini tidak dikontrol oleh satu ISP/perusahaan dan maka dari itu proses ini tidak bisa dipercepat.

Share on Facebook or , read previous article or go to the next one.