Cara Merubah WHOIS (Detail Kontak) pada Domain

Posted in How To , written by agus on 01 September 2012

Pada umumnya, detail kontak pada domain dibagi menjadi 4 jenis:

  1. Registrant Contact
  2. Administrative Contact
  3. Technical Contact
  4. Billing Contact

Sangat penting untuk selalu memperbaharui detail kontak (WHOIS) dari domain Anda.  Anda dapat memasukkan informasi kontak yang berbeda untuk masing-masing nama domain Anda, atau Anda dapat memasukkan informasi kontak yang sama untuk semua domain.

Anda dapat memperbarui kontak secara satu per satu atau memperbarui semua jenis kontak keempat sekaligus (pendaftar, administrator, teknis, dan penagihan).  Jika Anda memperbaharui sekaligus, maka akan memungkinkan untuk kembali menggunakan informasi kontak untuk setiap pendaftaran domain lainnya tanpa harus mengisi semuanya lagi. Setiap kali Anda mengubah informasi dalam kontak apapun, maka secara otomatis akan mengubah semua informasi kontak pada setiap domain Anda.

Berikut langkah-langkah cara merubah WHOIS (detail kontak) pada domain di manage domain Mongkiki:

  1. Login ke manage domain Anda
  2. Setelah berhasil login, cari domain dan lanjutkan ke tampilan informasi order.  Anda bisa menggunakan fasilitas Jump to Domain,  masukkan nama domain Anda, pilih product-nyaDomain Registration Service seperti pada gambar berikut:

  3. Klik Contact Details pada menu Domain Registration seperti pada gambar berikut:

  4. Lengkapi form kontak pada window pop-up yang muncul kemudian klik tombol Save Contact Details seperti pada gambar: berikut:

    Catatan:
    Centang pilihan “Use same contact for Administrative, Billing & Technical details”  jika Anda ingin merubah semua kontak pendaftar, administrator, teknis, dan penagihan sekaligus dengan data yang sama. Centang pilihan “Update all Domain Names currently using this contact (wherever applicable)” jika Anda ingin memperbarui semua kontak/whois semua domain yang ada pada satu akun manage domain ini.

Share on Facebook or , read previous article or go to the next one.