Installasi WordPress dengan menggunakan cPanel Fantastico

Posted in cPanel , written by wahya on 06 April 2012

Jika saat ini Anda ingin memiliki website dengan menggunakan engine WordPress, hal tersebut bisa dengan sangat mudah dilakukan di Mongkiki.com.  Jika Anda sudah memiliki akun hosting dengan menggunakan cPanel, silahkan login terlebih dahulu di akun cPanel Anda.  Jika belum Anda mungkin tertarik untuk mendapatkan paket hosting murah dari Mongkiki.com :).  Jika akun Anda di Mongkiki.com, kami telah mengirimakan detail akun Anda melalui email yang biasanya seperti berikut:

cPanel URL: domain-anda.com/cpanel
cPanel user: useranda
cPanel password: password_cpanel_anda

Silahkan dicek kembali email Anda untuk mengetahui detail akun Anda lebih jelas.

Jika Anda telah berhasil masuk ke akun cPanel Anda, klik icon Fantastico pada tab Software / Services seperti pada gambar dibawah berikut ini:

Fantastico cPanel Hosting

Halaman fantastico akan terbuka dengan berbagai macam pilihan software yang telah tersedia seperti misalnya WordPress, Joomla, PHPBB dan lain sebagainya. Pilih menu WordPress untuk melanjutkan installasi.

WordPress menu cPanel fantastico

Pada saat ini akan muncul halaman informasi installasi, apakah Anda sudah pernah melakukan installasi atau belum. Jika belum, klik “New Installation” untuk memulai installasi WordPress Anda.

Install WordPress menu cPanel fantastico

Kemudian halaman yang mengharuskan Anda untuk mengisi beberapa data seperti pada gambar berikut muncul

Install WordPress cPanel Hosting Detail

Pertama tentukan lokasi dimana Anda akan menginstall WordPress tersebut. Jika Anda ingin WordPress Anda diakses dengan alamat misalnya http://mongkiki.com/wordpress/ maka pada bagian Installation location Anda masukan data sebagai berikut:

Install on domain: mongkiki.com
Install in directory: wordpress

Tetapi jika yang Anda inginkan website Anda diakses pada alamat mongkiki.com misalnya, maka yang Anda harus lakukan adalah membiarkan isian Install in directory tersebut kosong.

Pada bagian Admin access data, masukan data username dan password Anda yang nanti Anda gunakan untuk mengakses area dashboard WordPress Anda untuk memanagemen website / blog Anda.

Yang terakhir pada bagian Base Configuration ada empat baris data yang harus Anda isi dengan penjelasan sebagai berikut:

Admin nickname: adalah nama yang ingin Anda tampilkan pada akun WordPress Anda
Admin e-mail:  adalah alamat email untuk admin
Site name: adalah nama dari blog atau website Anda
Description: adalah deskripsi dari blog atau website Anda tersebut

Setelah Anda selesai mengisi seluruh data tersebut, silahkan klik tombol Install WordPress dan proses installasi akan memberitahukan bahwa data – data installasi telah terupdate dan klik tombol Finish installation untuk menyelesaikan proses installasi.

install-wordpress-menggunakan-fantastico-and-cpanel-11

Proses installasi selesai. Sistem telah mengirimkan detail informasi melalui email Anda. Silahkan cek email untuk mengetahui lebih detail. Atau jika Anda ingin mengirimkan informasi tersebut kepada seseorang yang Anda kenal, silahkan isi email pada form yang tampil seperti dibawah, kemudian klik Send E-mail.

install-wordpress-dengan-fantastico-and-cpanel-12

Ketika proses installasi berhasil dan Anda kembali kehalaman depan fantastico, Anda akan melihat bahwa WordPress Anda telah terinstall di bagian Current installations.

install-wordpress-dengan-fantastico-dan-cpanel-13

Note: Sebelum Anda memulai installasi, kosongkan terlebih dahulu folder tempat Anda melakukan installasi

 

Share on Facebook or , read previous article or go to the next one.