Kelas Beranda, Sebuah Kampanye Pendidikan Gratis

Posted in Program , written by wahya on 17 May 2012

Suatu hari saya bertemu dengan seorang teman dari Komunitas Bali Blogger. Gustulank namanya. Dia menceritakan kepada saya kalau saat ini dia dan beberapa temannya sedang mengadakan kampanye dengan nama “Kelas Beranda”.

Kelas Beranda adalah sebuah program kampanye sosial yang memberikan pendidikan gratis kepada anak-anak dilingkungan sekitar kita. Materi yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan dan keahlian dari masing-masing pengajar. Kegiatan belajar mengajar pun dilakukan di beranda rumah salah satu pengajar.

Kebetulan saya sendiri ikut berbagung dalam kegiatan ini semenjak kurang lebih dari tiga bulan yang lalu. Karena keahlian saya hanya dibidang komputer, maka saya memberikan materi seputar pengenalan komputer dan juga internet kepada anak-anak yang ada dilingkungan sekitar tempat tinggal saya di desa Bengkel.

Awalnya peserta yang ikut hanya lima orang saja, empat orang perempuan dan satu orang laki-laki. Mereka semua adalah anak-anak sekolah dasar kelas lima dan kelas enam. Setelah tiga bulan berjalan, kini peserta sudah menjadi sepuluh orang dan peserta laki-laki sudah bertambah menjadi 4 orang.

Metode pembelajaran yang kami berikan sifatnya belajar sambil bermain. Beberapa komponen komputer kami cabut dan kami tunjukan kepada mereka, agar mereka mengerti yang mana disebut dengan hardisk, memory, motherboard dan bagaimana cara kerja alat tersebut.

Pada bulan April kemarin, kami mengajarkan mereka pengetahuan internet sehat. Sebenarnya saya agak sedikit kaget dengan pengetahuan mereka tentang internet. Awalnya saya mengira mereka tidak akan terbiasa bagiamana cara mereka mengoprasikan internet terutama membuka facebook. Tetapi dugaan saya salah. Mereka sudah sangat terbiasa membuka sosial media yang satu ini.

Namun ketika saya ajarkan mereka langkah-langkah membuat alamat email di Yahoo dan Google, merekapun mengalami sedikit kesulitan.

Saya sendiri kurang mengerti, bagaimana mereka bisa membuat Facebook, namun membuat email tidak bisa. Namun akhirnya mereka bersepuluh pun berhasil membuat alamat email yang baru. Selanjutnya bisa ditebak, merekapun dengan sangat mudah bisa berkomunikasi dengan teman – teman mereka melalui email.

 

Mereka langsung berikirim email dengan menambahkan tautan dan juga jenis tulisan yang bermacam – macam kepada teman-temannya pada saat itu, tanpa saya harus mengajarkan mereka terlalu banyak.

Pada materi berikutnya saya ingin mengajak mereka untuk belajar menulis. Yah setidaknya mereka tahu bagaimana cara membuat blog sehingga mereka bisa membuat catatan harian mereka di internet. Mudah-mudahan hal ini nanti bisa memberikan mereka perbandingan dan pengetahuan lebih luas tentang internet yang selama ini mereka kira hanya Facebook saja, atau mungkin hal-hal negatif lainya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang program kelas beranda dan lebih banyak cerita tentang pengalaman teman-teman yang lain dalam mengajar kelas beranda, silahkan berkunjung ke blog Kelas Beranda.

 

Share on Facebook or , read previous article or go to the next one.