Langkah Optimasi WordPress

Posted in How To , written by wahya on 13 July 2012

Jika Anda memilih WordPress sebagai platform website Anda, berikut ini adalah beberapa langkah untuk melakukan optimasi agar website Anda tidak menggunakan resource server berlebih, sehingga website Anda bisa diakses dengan lebih cepat:

  1. Optimalkan database. Sering kali, database akan menjadi terfragmentasi atau kembung. Anda dapat menggunakan “Optimasi” fungsi dalam PhpMyAdmin untuk mengoptimalkan tabel Anda. Ini akan membantu mengurangi overhead pada database dan meningkatkan kinerja.
  2. Uninstall / disable plugin yang tidak perlu di situs. Semakin banyak Plugin yang Anda aktifkan, lebih banyak sumber daya situs WordPress akan digunakan. Juga, beberapa plugin ada yang tidak berfungsi dengan baik, atau hanya kurang dioptimalkan sehingga menggunakan sumber daya lebih dari yang seharusnya.
  3. Instalasi plugin caching. Ada beberapa pilihan untuk ini seperti, WP Super Cache, W3 Jumlah Cache, Hyper Cache Extended, DB Cache Cache Reloaded, dan sebagainya. Caching mengurangi seberapa sering file yang sama perlu diakses, dan caching query dapat mengurangi berapa banyak situs Anda harus query database. Semua ini, terutama caching database, dapat membantu menurunkan penggunaan resource anda di server.
  4. Kadang-kadang tema/themes website sendiri di situs dapat menyebabkan penggunaan sumber daya meningkat. Jika Anda menggunakan tema/themes pihak ke-3, Anda mungkin perlu melihat apakah ada update untuk itu. Jika tema Anda adalah custom, maka pastikan bahwa tema/themes tersebut telah teroptimasi dengan baik.
  5. Instal satu atau kedua plugin berikut untuk membantu mengidentifikasi plugin yang menggunakan sumber daya yang paling intensif dipasang di bawah situs Anda, serta dapatkan kemampuan untuk mengendalikan pekerjaan Cron WordPress, karena banyak masalah kinerja WordPress disebabkan dari hasil ksekusi konstan dari wp-cron.php script:http://wordpress.org/extend/plugins/p3-profiler/
    http://wordpress.org/extend/plugins/wp-cron-control/

Setelah WordPress dioptimalkan, situs Anda seharusnya berjalan jauh lebih efisien dan sumber daya yang lebih sedikit, sehingga akses situs bisa berjalan lebih cepat.

Share on Facebook or , read previous article or go to the next one.