Menambahkan SPF Record di cPanel

Posted in cPanel , written by wahya on 28 November 2012

Apakah Anda pernah mendapatkan email dimana sender nya berasal dari salah satu email pada domain Anda misalnya [email protected] dan penerimanya juga berasal dari domain yang sama misalnya [email protected], padahal Anda sama sekali tidak melakukan aktivitas tersebut?

Hal tersebut biasanya disebut dengan “Spoofing”. Ada kemungkinan bahwa seseorang mungkin melakukan “spoofing” untuk mengirimkan spam, dan sering kali hal ini dilakukan dari sistem yang telah dirancang sedemikan rupa agar pengirim yang sebenarnya tidak dapat diketahui.

Hal ini bisa terjadi jika alamat email tersebut digunakan misalnya untuk mendaftar / berbelanja pada salah satu website. Jika website tersebut dijalankan oleh seorang spammer, maka bisa saja email tersebut kemudian digunakan untuk spoofing (karena email tersebut valid).

Atau mereka mendapatkan email address tersebut dari situs-situs lain seperti misalnya situs social media, atau situs atau dokumen lain yang mencantumkan alamat email tersebut dan dapat diakses melalui internet.

Meskipun “Spoofing” tidak dapat sepenuhnya dihentikan (Sudah banyak yang mencoba namun selalu gagal), namun “spoofing” dapat dikurangi dengan cara menambahkan catatan SPF untuk domain Anda. Dan metode ini yang sampai sekarang kami rasa paling efektif.

Jika Anda menggunakan webmail atau perangkat lunak pihak ke-3 seperti email outlook / mac mail dan menggunakan mail.yourdomain.com sebagai SMTP nya, maka record SPF paling umum akan adalah:

“v=spf1 a mx ip4:[IP SERVER] -all”

Untuk menambahkan SPF Record pada cPanel, Anda perlu menambahakan TXT Records pada menu “Advanced DNS Zone Editor”. Berikut langkah – langkah lebih lanjut:

  1.  Log in pada cPanel Anda
  2. Klik menu Advanced DNS Zone Editor pada section Domain
  3. Tambahakn TXT Record baru pada bagian Add a Record
  4. Masukan informasi berikut:Name: villamahapala-bali.com
    TTL: 14400
    Type: TXT
    TXT Data: “v=spf1 a mx ip4:[IP SERVER] -all”
  5. Klik tombol Add Record untuk menambahkan record baru

Catatan: Ganti [IP SERVER] dengan menggunakan IP dari server Anda masing-masing. Dalam hal ini, tanda petik dua (” “), memang diperlukan.
 

Share on Facebook or , read previous article or go to the next one.