Langkah untuk menghapus IP server Anda yang di blacklist di Hotmail atau MSN

Posted in Email , written by wahya on 10 October 2011

Jika Anda tidak bisa mengirim email yang Anda kirimkan ke Hotmail atau MSN, kemungkinan IP server Anda telah di blacklist. Berikut ini adalah tips untuk menghapus IP server Anda yang di blacklist oleh MSN atau Hotmail.

Sebelumnya, ada baiknya Anda memastikan terlebih dahulu kalau email yang Anda kirimkan tersebut tidak masuk kedalam folder SPAM. Langkah – langkah berikutnya ini tidak akan membantu Anda jika ternyata email yang Anda kirimkan tersebut masuk folder spam.  Pada prinsipnya ada tiga langkah yang harus Anda lakukan untuk keluar dari kotak blacklist:

  1. Verifikasi bahwa email yang Anda kirimkan benar – benar masuk ke dalam kotak blacklist
  2. Lakukan pemeriksaan awal penghapusan blacklist
  3. Kirimkan permintaan penghapusan blacklist ke MSN

Verifikasi bahwa email yang Anda kirimkan benar – benar masuk ke dalam kotak blacklist

Jika Anda memang di blacklist oleh server MSN, maka seharusnya Anda mendapatkan email peringatan dari MSN atau Hotmail. Jika Anda mengecek server logs atau email bounce Anda, maka Anda akan mendapatkan email seperti ini:

host mx4.hotmail.com[65.55.37.72] said: 550 SC-001 Mail rejected by Windows Live Hotmail for policy reasons. Reasons for rejection may be related to content with spam-like characteristics or IP/domain reputation problems. If you are not an email/network admin please contact your E-mail/Internet Service Provider for help. Email/network admins, please visit MSN Postmaster for email delivery information and support (in reply to MAIL FROM command)

Jika Anda memang mendapatkan email seperti diatas tersebut atau sejenisnya, kemungkinan memang benar bahwa Anda telah di block oleh MSN atau Hotmail. Masih ada kode response yang lain yang mungkin Anda dapatkan. Namun MSN atau Hotmail memiliki kode seri 500 untuk menandai bahwa sebuah email  telah di block di server mereka. Silahkan cek halaman MSN blacklist code, untuk mengetahui mengepa mereka memblock atau mereject email Anda.

Kode seri MSN yang lain adaalh 400. 400 adalah kode seri yang lebih ditekankan untuk pengiriman email dengan jumlah yang melebihi batas yang telah ditentukan. Jika Anda ingin mengirimakan email ke MSN dengan jumlah banyak, Anda sebaiknya mengikuti program bulk sender program yang mereka miliki.

Jika Anda tidak mendapatkan kode error 500 seperti keterangan diatas, itu berarti bahwa Anda tidak terblock pada server mereka, namun ada permasalahan lain dalam pengiriman email.

 Pemeriksaan awal penghapusan blacklist

Sebelum meminta untuk dikeluarkan dari kotak blacklist ada baiknya Anda melakukan beberapa hal berikut yang memungkinkan terjadinya blokir di server MSN tersebut. Pastikan bahwa tidak ada email yang tidak sah yang dikirimkan dari server Anda.

  1. Cek volume email yang dikirimkan ke Hotmail atau Live.com setiap harinya
  2. Cek akun email yang tidak bisa mengirimkan email tersebut.
  3. Cek akun email atau orang yang melakukan forward emai ke Hotmail, MSN atau Live.com

Jika sesorang mengirimkan / forward email ke server Hotmail atau MSN atau Live.com dan melakukan marketing seperti spam, maka reputasi server Anda akan menurun dan kemungkinan terblock di kotak blacklist mereka. Windows Live atau server terkait seperti Hotmail dan MSN menggunakan sistem Return Path untuk memfilter email. Jadi reputasi email server pengirim sangat penting dan erat kaitnyannya dengan proses filteriasai spam dan juga blacklist tersebut.

Permintaan penghapusan blacklist ke MSN

Untuk memulai proses permintaan penghapusan blacklist di server MSN, Anda wajib mengisi form informasi pengirim yang telah mereka siapkan.

Masukan semua informasi yang mereka inginkan disana. Tidak seperti ISP lainnya, MSN Support mengharuskan Anda untuk melakukan testing dengan menggunakan telnet dengan menggunakan command line dari server Anda. Jika Anda tidak tahu bagaimana caranya melakukan tes tersebut, Anda sebaiknya meminta bantuan orang lain yang mengerti, atau silahkan hubungi team support kami jika memang server Anda di Mongkiki.com

Jika Anda telah memasukan semua informasi yang mereka inginkan dan Anda memang benar – benar tidak melakukan spam,  biasanya Anda akan di hapus dari kotak blacklist kurang lebih 2 sampai 3 hari hari kerja.

Selain langkah – langkah tersebut diatas, mungkin juga bisa dilakukan beberapa langkah berikut:

  1. Cek bahwa IP Anda benar tidak berada dalam kotak blacklist pada link berikut:
    http://whatismyipaddress.com/blacklist-check
    http://www.mxtoolbox.com/SuperTool.aspx
  2. Jangan mengirimkan email ke Hotmail atau MSN dengan kata – kata “Test” atau “Testing” atau kata – kata lain yang bisa terindikasi sebagai spam
  3. Pada email hotmail Anda, pastikan bahwa Anda tidak menandai email yang Anda gunakan untuk mengirimkan email sebagai spam.
  4. Jika email yang Anda kirimkan ke hotmail / msn sudah masuk ke Inbox, kirimkan beberapa email lagi dalam waktu kurang lebih 48 jam dengan konten yang bagus atau paling tidak berisi 2 paragraph email.
  5. Reply email yang Anda terima dari email tester di Hotmail. Jika proses filter mereka berjalan dengan lancar, maka hal tersebut akan membantu.

Share on Facebook or , read previous article or go to the next one.